Video Prosedur Pelayanan Informasi Publik

 

Hubungi Kami:

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) KPU Kota Surakarta

Alamat:

Subag Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat pada Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta

Jl. Kahuripan Utara No. 23 Sumber, Banjarsari, Surakarta 57138
T. (0271) 740268
F. (0271) 740269

smiley kpu-surakartakota.go.id

mail kpu.surakarta@gmail.com

 

 

Statistik Kunjungan 24 Sep 2018

e-PPID Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta
Keterbukaan Informasi Publik Mewujudkan Penyelenggaraan Pemilu secara Transparan, Efektif, Efisien, Akuntabel dan Dapat Dipertanggungjawabkan

Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28F yang menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki dan menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia, serta diterbitkannya Undang–undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka KPU Kota Surakarta sebagai lembaga publik, berkewajiban untuk melaksanakan ketentuan Undang–undang tersebut dengan cara pengembangan layanan informasi kepada publik sebagai bagian dari upaya mendorong masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional dan cara sederhana.

Tujuan layanan informasi publik di lingkungan KPU Kota Surakarta adalah :

  1. menjamin setiap warga Negara dapat mengakses informasi publik di lingkungan KPU Kota Surakarta;
  2. mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan di lingkungan KPU Kota Surakarta;
  3. meningkatkan peran aktif masyarakat khususnya untuk berpartisipasi dalam Pemilu;
  4. mewujudkan penyelenggaraan Pemilu di lingkungan KPU Kota Surakarta secara transparan, efektif, efisien, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan;
  5. meningkatkan pengelolaan dan layanan informasi di lingkungan KPU Kota Surakarta secara berkualitas;
  6. menjamin pelaksanaan layanan informasi publikdi Lingkungan KPU Kota Surakarta.

e-PPID merupakan pengembangan layanan informasi berbasis layanan secara online untuk lebih memudahkan publik dalam mengajukan permohonan informasi, mengajukan keberatan, dan mengetahui status permohon informasi. Untuk menggunakan fasilitas ini, silahkan melakukan Registrasi terlebih dahulu dengan cara mengeklik menu Registrasi di kolom sebelah kanan Anda.

Untuk mengetahui prinsip-prinsip hak atas informasi publik dan prosedur permohonan informasi, silakan membuka menu Layanan Informasi, FAQ,  Regulasi atau tayangan Video di sebelah kiri Anda.

e-PPID juga menyajikan informasi berdasarkan kategori Wajib Diumumkan Berkala, Wajib Diumumkan Serta Merta, dan Wajib Tersedia Setiap Saat. Silakan buka menu Informasi Publik.

Pada menu Profil, kami menyajikan struktur PPID pada KPU Kota Surakarta. Apa saja kegiatan KPU dalam rangka menjalankan keterbukaan informasi, silakan membuka menu Gallery.

Ayo, Gunakan Hak Atas Informasi Publik, Untuk Indonesia yang Lebih Baik!