Video Prosedur Pelayanan Informasi Publik

 

Hubungi Kami:

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)
KPU Kabupaten Wonosobo

Alamat:

Kantor KPU Kabupaten Wonosobo

Jl. Sabuk Alu No. 2B
Wonosobo 58311
T. (0286) 322237,
F. (0286) 322237

info@kpu.go.id kpuwsb@yahoo.com

Facebook KPU Kabupaten Wonosobo

 

 

Statistik Kunjungan 22 Feb 2018

Selamat Datang
e-PPID Kab. Wonosobo Ada, Untuk Anda

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab (good governance). Amanat Undang-Undang tersebut menyatakan bahwa setiap orang berhak memperoleh informasi publik secara benar dan transparan. Selanjutnya guna melaksanakan ketentuan Pasal 7 ayat (1) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tersebut, Komisi Pemilihan Umum membuat Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Dan Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum dengan tujuan:

  1. Menjamin setiap warga negara Indonesia dapat mengakses informasi publik di lingkungan KPU, KPU Provinsi/ KIP Aceh, dan KPU/ KIP Kabupaten/ Kota;
  2. Mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan di lingkungan KPU, KPU Provinsi/ KIP Aceh, dan KPU/ KIP Kabupaten/ Kota;
  3. Meningkatkan persan aktif masyarakat khususnya untuk berpartisipasi dalam Pemilu;
  4. Mewujudkan penyelenggaraan Pemilu di lingkungan KPU, KPU Provinsi/ KIP Aceh, dan KPU/ KIP Kabupaten/ Kota secara transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan;
  5. Meningkatkan pengelolaan dan layanan informasi di lingkungan KPU, KPU Provinsi/ KIP Aceh, dan KPU/ KIP Kabupaten/ Kota secara berkualitas;
  6. Menjamin pelaksanaan layanan informasi publik di lingkungan KPU, KPU Provinsi/ KIP Aceh, dan KPU/ KIP Kabupaten/ Kota.

Sehubungan dengan hal tersebut maka melalui Surat Keputusan KPU Kabupaten Wonosobo Nomor 008/Kpts/KPU-Kab/012/IV/2015 Tentang Penetapan Personalia Pengelola Layanan Informasi Dan Dokumentasi Pada Pusat Informasi Dan Pendidikan Pemilih (PIPP) Serta Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wonosobo, ditetapkan sebagai berikut:

Tugas PPID :     Merencanakan dan mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi di badan publik.

Fungsi PPID :     Penghimpunan, penataan dan penyimpanan informasi publik dari seluruh unit kerja di badan publik.

e-PPID diciptakan guna memberi kemudahan kepada seluruh lapisan masyarakat dalam mengajukan permohonan informasi secara online, apabila informasi publik yang diminta tidak diumumkan dalam laman KPU. Jadi, dengan demikian jarak bukan lagi menjadi kendala dalam akses informasi publik di KPU Kabupaten Wonosobo.
 

Salam Keterbukaan Informasi Publik

PPID KPU Kabupaten Wonosobo