Video Prosedur Pelayanan Informasi Publik

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

 

PEJABAT 

Irwan Wahab, A. Md

 081363430052  

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Hubungi Kami pada hari dan jam kerja (7.30 s/d 16.00 Wib):

Alamat:

Ruang PPID dan Media Center KPU Kab. Pasaman Barat

Jl. M. Natsir No. 276 A
Simpang Empat 26566                  TLP/FAX: 0753-4611340           
Email:kpukabpasbar.ppid@gmail.com

 

Statistik Kunjungan 21 Nov 2017

Berita terbaru:

KPU PASBAR LAKUKAN PEMUKTAHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN

 

Dalam rangka melaksanakan kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan berdasarkan surat ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor : 176/KPU/IV/2016 tanggal 6 April 2016 perihal Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, maka Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat menerima Tanggapan dan Masukan terhadap Daftar Pemilih oleh masyarakat atau pemilih karena alasan :

Kesalahan data pemilihPergerakan penduduk baik mutasi keluar maupun mutasi masuk  a. Pindah domisilib. Pemilih baru

Data pergerakan penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih baik datang ataupun keluar dari wilayah tersebut akan digunakan untuk :

1. data Mutasi Keluar : digunakan untuk menyaring pemilih

2. data mutasi masuk : digunakan untuk menambah pemilih

Sehubungan dengan hal tersebut Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat menerima Tanggapan dan Masukan terhadap Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan dengan cara :

1.   Pemilih yang berdomisili di Kabupaten Pasaman Barat atau keluarganya dapat melaporkan diri ke KPU Kabupaten Pasaman Barat untuk memperbaiki data atau pindah keluar/masuk ke Kabupaten Pasaman Barat yang dibuktikan dengan identitas kependudukan dan mengisi formulir Tanggapan dan Masukan Masyarakat Terhadap Pemutakhiran daftar Pemilih Berkelanjutan yang tersedia di Kantor KPU Kabupaten Pasaman Barat atau dapat di Download disini

2.   Formulir Tanggapan dan Masukan tersebut dapat disampaikan ke Kantor KPU Kabupaten Pasaman Barat Jl M.Natsir 276A 26566 pada hari dan jam kerja atau melalui email ke : proda.pasbar@gmail.com atau fax. 0753-4611340

3.   Untuk melakukan pengecekan data pemilih dapat dilakukan melalui : data.kpu.go.id/dpt2015.php

       Demikian semoga mendapatkan perhatian dan partisipasi dari masyarakat Kabupaten Pasaman Barat guna perbaikan dan pemeliharaan daftar pemilih yang akan sangat berguna bagi pelaksanaan kegiatan Pemilihan berikutnya.

 

PPID KPU PASBAR DIRESMIKAN UNTUK BERIKAN PELAYANAN MAKSIMAL

KPU Pasbar-Simpang Empat. KPU Kab. Pasaman Barat meresmikan ruang pelayanan Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) di aula kantor KPU setempat, Jumat (19/5/2017).

Kegiatan itu dihadiri oleh ketua KPU Sumbar yang diwakili Mufthi Syarfi didampingi Sekretaris KPU Sumbar Firman dan Kabag Hukum Catur. Pada kesempatan ini juga dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat, ketua DPRD. Acara peresmian ini juga diikuti sejumlah utusan dari parpol, ormas, OPD dan undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Ketua KPU Kab. Pasaman Barat, Syafrinaldi menyampaikan, informasi publik adalah informasi yang diterima KPU selanjutnya diolah untuk disampikan kepmbali kepada seluruh pihak. Untuk itulah PPID ini ada di KPU Kab. Pasaman Barat.

"Seluruh KPU di Indonesia diharuskan untuk membentuk pelayanan PPID ini sebagai amanah dari undang-undang dan juga untuk mendukung informasi keterbukaan publik. Untuk itu, KPU Kab. Pasaman Barat telah menyiapkan satu ruangan khusus untuk memberikan informasi kepada masyarakat untuk mengetahui data-data yang diinginkan dari KPU," ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Pasaman Barat, Syahiran, saat launching, menyampaikan, apresiasi yang tinggi kepada KPU Kab. Pasaman Barat yang sudah menjalankan UU tentang keterbukaan publik ini.

"Kami dari Pemkab sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan KPU dalam memberikan layanan informasi publik ini. Dengan keterbuakaan informasi ini, masyarakat jadi tahu dan bisa kritis dalam menerima informasi," pungkasnya.

Terakhir Anggota KPU Sumbar, Mufthi Syarfi menyampaikan, PPID KPU Pasbar hadir sebagai amanah UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Publik. "Secara umum PPID ini hadir karena amanah undang-undang tadi. Jadi sangat luas sekali mitra kerja dari PPID ini. Tugas pokoknya adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan publik diterima sebagaimana mestinya. Kecuali informasi yang dikecualikan," ujarnya.

Menurutnya, keterbukaan informasi publik itu tidaklah sulit. "Kami melihat di KPU Kab. Pasaman Barat ini, semuanya sudah sangat baik. Ada meja pelayanan dan informasi yang terletak di PPID," terangnya.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan KPU Kab. Pasaman Barat ini. Kita berharap KPU Kab. Pasaman Barat menjadi terdepan dalam hal informasi publik ini," tambahnya. (Ridwan)

 

PENGUMUMAN

1...

 

 

KETUA

SYAFRINALDI, SE, MM

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

ANGGOTA

BALDI PRAMANA, SH

ABDUL GAFUR, S.Pd. I

MARDAYANTI, SE

EKI KURNIAWAN, SE

INGIN LIHAT PERATURAN KPU SILAHKAN KLIK http://jdih.kpu.go.id/peraturan-kpu

xxxxxxxxxxxxxxx